Angin Kencang, KM Tilongkabila Kandas di Pelabuhan Bima

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Angin Kencang, KM Tilongkabila Kandas di Pelabuhan Bima

Post by Admin on Fri Mar 16, 2012 8:26 pm



KM Nguwumbojo,- Akibat cuaca ekstrim dan angin kencang 2 hari terakhir yang menerjang diseluruh wilayah Bima dan Dompu, banyak pohon tumbang, listrik padam serta atap rumah berterbangan. Angin kencang yang melanda Kota Bima juga menyebabkan KM (Kapal Motor) Tilongkabila milik Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia), Kandas dipelabuhan Bima, kamis (15/03) pukul 21.00 Wita kemrin.
KM Tilongkabila yang baru saja menurunkan penumpang di Pelabuhan Bima dari Makassar dan Labuanbajo, kandas disebelah selatan Dermaga Bima. Kapal yang melayari Rute Benoa – Lembar – Bima – Labuanbajo – Makassar – Kendari – Bau-bau serta Gorontalo tersebut hendak bertolak menuju Pelabuhan Lembar. Namun naas, karena angin kencang menerpa badan kapal dan haluan yang pendek sehingga bagian belakang kapal kandas. “Saya kira kapal tersebut diam sejak untuk mengambil haluan, ternyata kandas” ujar Fatimah, Pedagang Kaki Lima dipelabuhan tersebut

Salah seorang ABK kapal, Melky yang berhasil dihubungi KM Nguwumbojo, menyatakan bahwa kandasnya Tilong akibat terpaan angin kencang yang menghantam badan kapal. “Angin besar tiba-tiba saja menghantam buritan kanan kapal saat mengambil haluan kanan untuk keluar dari pelabuhan Bima. Tiba-tiba bagian belakang terbawa arus dan kandas” Ungkapnya via seluler.
Setelah beberapa jam berupaya, akhirnya KM Tilongkabila terpaksa buang jangkar seraya menunggu air pasang supaya bisa keluar. Namun hingga pukul 06.00 Wita (16/03), meski laut sudah pasang, namun belum mampu keluar dari kondisi kandas. Akhirnya pada pukul 10.30 Wita tadi (16/03), dengan bantuan KM Awu, KM Tilongkabila berhasil ditarik keluar dan meninggalkan pelabuhan Bima pada pukul 11.30 Wita untuk melanjutkan pelayaran menuju Pelabuhan Lembar dan Benoa. Setidaknya lebih kurang 1.000 penumpang panik dan tidak bisa berbuat banyak, hanya menunggu.
Kondisi cuaca ekstrim di Bima saat ini mengharuskan kewaspadaan tinggi. Mengingat kondisi Angin kencang dan hujan deras melanda. Selain itu, setidaknya tercatat 13 Tiang listrik tumbang diwilayah kabupaten Bima dan 3 rumah tertimpa pohon. (Liputan: Ardy/Rangga)

Sumber: http://ngguwumbojo.blogspot.com

avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 86
Poin : 221
Reputasi : 0
Join date : 31.01.12
Age : 38
Lokasi : Bima

Lihat profil user http://mbojonet.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik