Keajaiban Puasa Bagi Kesehatan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Keajaiban Puasa Bagi Kesehatan

Post by Admin on Thu Jul 19, 2012 8:20 am

Keajaiban Puasa Bagi Penderita Jantung

Jantung kita berdenyut 80 kali per menit atau sama dengan 115.200 kali per 24 jam. Pada hari-hari pertama puasa memang terjadi penurunan jumlah denyutan jantung hingga mencapai kurang dari 60 kali per menit, namun selanjutnya jantung kembali berdenyut secara stabil pada angka 60 detak per menit sepanjang hari selama masa puasa.

Penurunan jumlah detak jantung ini menghemat 28.800 detak per 24 jam. Ini berarti jantung dapat beristirahat dan menghemat seperempat paruh waktu kerja yang ditempuh pada hari-hari biasa di luar puasa.

Ada tiga manfaat penting puasa bagi jantung:
• Puasa melawan tekanan-tekanan yang selalu mendera jantung.
• Puasa memberikan kesempatan bagi jantung untuk beristirahat
• Puasa dapat mensterilkan darah. Dengan demikian, puasa memberikan kesempatan pada jantung untuk mengkonsumsi darah bersih.

Keajaiban Puasa Bagi Penderita Rabun Mata
Bagi penderita rabun mata, puasa berguna untuk membuat pandangan mata lebih tajam, penglihatan lebih jelas, jernih, dan terjaga. Selain itu ketajaman pandangan mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah berpuasa, berbeda dengan kondisi kunang-kunang atau kelemahan pandangan selama rentang waktu puasa.

Keajaiban Puasa Bagi Kulit
Puasa bermanfaat membuat kulit lebih segar, lebih kuat, lebih berseri, dan warna menjadi lebih indah. Dr. Muhammad Al-Dzawahiri, seorang guru besar bidang penyakit kulit di Fakultas Kedokteran Universitas Kairo, menyatakan, “Korelasi antara makanan dengan penyakit-penyakit kulit itu sangat kuat. Sebab, menjaga diri dari makanan dan minuman dalam kurun waktu tertentu dapat mengurangi kadar air dalam tubuh dan darah.
Hal ini dengan sendirinya menyebabkan pengurangan air dalam kulit. Ketika kadar air dalam kulit menurun itulah terjadi pula peningkatan kekebalan kulit terhadap segala jenis penyakit kulit yang menyiksa dan gangguan kulit akibat bakteri.
Berkurangnya kadar air dalam kulit juga dapat menurunkan stadium penyakit kulit yang meradang, akut, dan menyebar di sebagian besar tubuh.
Terapi penyembuhan yang paling baik untuk kasus-kasus ini ditinjau dari aspek makanan adalah menahan diri dari makanan dan minuman sampai batas waktu tertentu.

Untuk kepentingan ini pula, dewasa ini diberbagai belahan dunia banyak bermunculan sejumlah klinik kesehatan yang menjadikan puasa sebagai terapi penyembuhan utama.

Dokter termasyhur, Alexis Carrel, yang meraih Nobel Bidang Kedokteran (1912) menyatakan dalam bukunya Man the Unknown, yang menurut oleh para dokter dianggap sebagai acuan dalam dunia medis,
“Frekuensi, keteraturan, dan ketercukupan makan dapat menghentikan sebuah fungsi yang memainkan peranan besar dalam kelangsungan bangsa manusia, yaitu fungsi adaptasi dengan kekurangan makanan. Oleh karena itu, sesekali waktu manusia mesti berpuasa.”

Penyakit yang paling banyak tersembuhkan dengan puasa adalah kasus penyakit gangguan pencernaan (perut dan lambung). Dokter Carrel menyatakan, “Puasa memiliki efek bak tongkat sihir yang menyembuhkan penyakit akibat gangguan fungsi pencernaan, dan pasien yang diterapi pun melihat keajaiban yang luar biasa. Jenis penyakit berikutnya yang paling efektif disembuhkan dengan puasa adalah penyakit darah, kemudian penyakit-penyakit tulang, misalnya reumatik.

Demikianlah sebagian kecil dari keajaiban-keajaiban berpuasa. Jika kita telusuri lebih lanjut, tentu masih banyak lagi yang bisa kita ketahui untuk kita renungkan betapa luar biasa efek dari ibadah yang disyariatkan dalam Islam ini, di mana menjadi rujukan dan tuntunan para ilmuwan, khususnya ilmuwan bidang kedokteran, dalam menyembuhkan penyakit yang diderita pasiennya. Maka tak alasan bagi kita untuk tak meyakini betapa besar manfaat yang dapat kita petik dari ibadah puasa.

Marhaban Ya Ramadhan.... Santabe mboto kangampu warasi ncara ndai kasoku
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 86
Poin : 221
Reputasi : 0
Join date : 31.01.12
Age : 39
Lokasi : Bima

Lihat profil user http://mbojonet.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik