Uta Karamba - Ikan Teri

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Uta Karamba - Ikan Teri

Post by Admin on Tue Apr 17, 2012 10:43 am


Masihkah Uta Karamba menjadi lauk yang menemani anda makan??? dan masih kah orang bima pada umumnya bangga dengan mengkonsumsi Uta Karamba??? sebagian pasti menjawab iya, namun sebagian lagi pasti akan mengatakan “hari gini masih ngaha karamba malu deh” namun semua itu terserah anda mungkin anda mau makan uta maju atau uta mbai terserahlah, yang pasti kami hanya ingin mengenang dan menulis kembali tentang Uta Karamba atau ikan teri biasanya masyarakat bima selalu menggandengnya dengan “Oi Mangge” atau Air Asam, “Doco Fo’o” atau “Doco Toma” dan memang hal ini masih kami lakukan di tanah rantauan ini sebagai penghibur lara kami dan menemani kami makan yang kadang satu kali dalam sehari namun nikmatnya Uta karamba beserta Doco-doco tidak bisa tergantikan oleh harumnya ikan Ayam, padahal ikan ayam bakar sangatlah murah namun selera makan lebih terpacu jika makan dengan Uta Karamba.

Memang Uta Karamba banyak di temukan di lautan lepas dan berarti setiap daerah perikanan pasti akan terdapat yang namanya Ikan teri Namun setelah kami mencoba untuk jenis teri yang ada di jawa kami menemukan tidak sama dengan jenis teri yang ada di daerah bima, namun itu bukan menjadi masalah utama, yang menjadi masalah Utama adalah “masihkah kita bangga dengan hasil alam kita sendiri dan masihkah kita bangga untuk menyebutkan Ngaha Kani Uta Karamba Mene???” dan “tahu kah anda bagaimana gizi yang ada dalam Uta Karamba Tersebut???”

Uta karamba atau ikan teri yang mungkin bagi sebagian orang adalah lauk yang mungkin bisa membuat wibawanya turun sebenarnya memiliki dan menyimpan begitu banyak kandungan Gizi dan Protein serta dapat mencegah beberapa penyakit sebagaimana yang kami kutip di bawah ini:

Ikan Teri Dapat mencegah Osteoporosis:
untuk mencegah osteoporosis setiap orang memerlukan kalsium sebanyak 1 gram per hari. Kebutuhan kalsium tersebut bisa diperoleh dari ikan teri yang banyak terdapat di wilayah Indonesia. Ikan teri yang selama ini lebih banyak di konsumsi oleh kalangan menengah ke bawah, ternyata merupakan salah satu sumber kalsium terbaik untuk mencegah pengeroposan tulang. “Kita tidak perlu gengsi, kalau itu merupakan sumber terbaik” ikan teri merupakan sumber kalsium yang tahan dan tidak mudah larut dalam air. Namun, karena di masyarakat kita punya anggapan mengonsumsi ikan teri adalah indikator mereka yang secara ekonomi tidak mampu, akhirnya banyak yang mengabaikannya. Padahal, ikan teri sangat baik sebagai sumber kalsium yang murah dan mudah didapat.

avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 86
Poin : 221
Reputasi : 0
Join date : 31.01.12
Age : 39
Lokasi : Bima

Lihat profil user http://mbojonet.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik